2
​​SLOW BURN, PERANG YANG TAK AKAN DIMENANGKAN
Oleh: Mukhlis A Nugroho
20 September 2021
PERIMETRY - Kewarasan masih menjadi PR besar di Negeri ini

Mengkritik melalui lirik lagu sampai detik ini masih menjadi salah pilihan yang tepat. Seperti yang dilakukan rapper asal Sidoarjo, Julian Sadam. 12 September 2021 ia merilis lagu bernuansa kritik. “Slow Burn” adalah jalinan komposisi lagu yang lahir dari barisan lirik dan rima, gubahan suara sangkakala dari perang yang tidak akan pernah kita menangkan. Mengutip sedikit lirik dari lagu ini "mempersenjatai imajinasi, perang yang tidak akan kita menangkan. Aksi langsung tak butuh restu dari siapa pun, transubstansiasi, siasati krisis kewarasan” mencerminkan lagu ini begitu mengajak pendengar untuk tetap bergerak maju melawan segala persoalan yang terjadi di Negeri ini.

Penulisan lirik pada lagu ini, Julian Sadam menggandeng Vanxdjingan, rapper asal Boyolali, Jawa Tengah. Mereka merespon kisah yang sebenarnya sudah sangat klasik di Negeri ini, yaitu fenomena orang dengan kebutuhan substansial khusus (masalah kesehatan mental) yang harus mendapatkan penanganan tersendiri. Namun, pada kenyataannya di lapangan, negara tidak pernah melakukan penanganan tersebut dengan baik.

Pemenjaraan orang-orang dengan masalah kesehatan mental karena penggunaan obat-obatan juga menjadi pemicu penulisan Slow Burn. Menurut mereka, kasus penggunaan obat untuk kesehatan mental tidak seharusnya berakhir di balik tralis besi, melainkan perlu mendapatkan penanganan khusus di bawah payung medis.

Lirik lagu yang ditulis langsung oleh Julian Sadam dan Vanxdjingan ini berisikan kritik terhadap hal-hal tersebut. Beberapa kalimat metafora dalam lagu ini, cukup untuk memvisualisasikan kacaunya penanganan kesehatan mental di dalam negeri. Selain itu Julian Sadam dan Vanxdjingan juga ingin menawarkan cara berlari paling epic dari belenggu kepalsuan dunia, yaitu dengan tetap melawan, dan santai dalam menghadapi setiap permasalahan.

Bentuk protes dan kritik yang mereka sampaikan semakin terasa hidup dengan balutan classic boombap beat khas 90an yang disusun oleh beatmaker asal Kota Solo, Jojo Nugraha. Mereka juga bekerja sama dengan Bebel (Pasifisstate), dalam penggarapan coverartwork di lagu ini. Single ini berada di bawah naungan recordlabel asal Kota Solo, Malino Records. Slow Burn, bisa didengarkan di beberapa digital music platform, antara lain Spotify, Apple Music, dan Youtube Music.