scasc 1
RUMAH DAN PEMBUKTIAN SEBAGAI SOLOIS
Oleh: Mukhlis A. Nugroho
28 Februari 2022

Jumat, 14 Januari 2022 Adi Widodo resmi merilis single teranyar berjudul “Stay On Me”. Lagu ini bisa dinikmati di hampir seluruh digital platform seperti Spotify, iTunes, Amazon, YouTube music, Bandcamp dll. Adi Widodo merupakan musisi pendatang baru di dunia tarik suara. Ia baru meluncurkan dua single yang diawali dari lagu Winterman yang dirilis pada Marer 2021, kemudian Stay On Me menjadi single yang kedua.

Masih membawa lirik berbahasa Inggris, Stay On Me membawa nuansa musik yang lebih tenang namun masih dengan dinamika yang hampir sama dengan Winterman. Hanya saja dari segi vokal, Adi terasa lebih menggebu-gebu dan sudah tampak menemukan kenyamanan dengan pengalaman barunya sebagai solois. Bagi para penikmat musik sejati, lebih baik mendengarkan kedua lagu ciptaan Adi ini supaya bisa merasakan energi dari keduanya. Melalui lagu Stay On Me ini Adi ingin bercerita tentang cinta yang murni, tulus, yang diibaratkan sebagai rumah. Rumah adalah tempat pulang, rumah adalah tempat yang paling nyaman, dan rumah adalah tempat yang paling tepat untuk kita kembali dan memenangkan diri dari kemarahan, kekecewaan, dan apapun yang kita alami di luar sana. Melalui Rumah inilah Adi juga membuktikan dirinya sebagai solois baru di kancah permusikan Indonesia.

Menurut Adi, proses peracikan Stay On Me ini masih hampir punya kemiripan dengan Winterman. Sedari awal, Adi mengerjakan Stay On Me di rumahnya sendiri. Namun untuk teknis perekaman gitar akustik, gitar elektrik, hingga isian vokal dilakukan di tempat yang berbeda, yakni di home recording milik Koko Iryawansyah, sekaligus sebagai produser musik Adi sejak single pertamanya. "Di single kedua ini aku lebih banyak memasukkan instrumen, seperti elemen drum dan gitar elektrik di belakang lagu. Hal yang terasa sama mungkin pesannya dengan Winterman. Inti pesannya secara luas, kita harus berani mengambil keputusan yang beda dan percaya sama apa yang sedang dibisikkan oleh hati kita," kata Adi.

Setelah merilis Stay On Me ini, Adi mengaku sudah merancang plan untuk proyek solonya ini agar tetap berjalan dengan baik. Selain ingin melakukan tur mandiri seperti akhir tahun 2021 lalu, Journey of the Winterman - Java Tour (7 kota), Adi juga sudah tak sabar merilis karya berikutnya. "Aku selalu ingin tur lagi dan lagi, karena bagi musisi aku yakin tur itu termasuk 'ibadah' dan bisa menyambung silaturahmi. Kalau rencana ke depan aku ingin bisa langsung keluarin full album, semoga bisa di 2022 ini. Tapi setelah Stay On Me ini, akan ada satu single lagi, konsepnya full band. Vibes-nya tentu akan lebih berbeda lagi dengan single pertama dan kedua. Tunggu aja. Mohon doa dan dukungannya selalu dari teman-teman semua. Karyaku tetap akan selalu ada," pungkas Adi.