ANOTHER DOG PACK COVER
Another Dog Pack, Persembahan Untuk Keluarga Bukan Sedarah
Oleh: Mukhlis A Nugroho
19 Maret 2021

Skena Hip Hop di Solo dan sekitarnya tentu tidak asing dengan nama Jojo Nugraha. Selain memiliki profesi music producer, Jojo juga dikenal sebagai rapper kawakan yang sudah terjun di dunia Hip Hop sejak tahun 2008. Ia memulai debut albumnya pada tahun 2019 silam lewat rilisan EP album bertajuk Aksi Mingguan yang digarapnya bersama Yuan Alfasa aka Biggy, rapper asal Kota Cirebon. Jojo merupakan pengagum kultur Hip Hop era pertengahan 80an hingga akhir 90an, di masa keemasan N.W.A hingga munculnya MF Doom, maka tidak heran jika irama boom bap, alunan musik jazz, funk, hingga gospel banyak mempengaruhi lagu-lagu ciptaannya. Melalui lirik lagu yang ditulisnya, kerap kali ia mengangkat isu sosial dan isu lingkungan yang umum terjadi di kehidupan masyarakat sekitar.

Membuka tahun 2022 ini, Jojo Nugraha kembali merilis single terbaru. Setelah sebelumnya meluncurkan "Lingkar Merah", kali ini Jojo menggebrak awal tahun dengan single berjudul "Another Dog Pack". Melalui label rekaman asal Solo yaitu Malino Record, tepat tanggal 30 Januari 2022 lagu ini bisa teman-teman nikmati di semua digital music platform. Lagu yang dikemas dalam balutan musik up-beat ini menghadirkan unsur funk, blues, hingga broadway opera, yang dituntun manis dengan ketukan classic boom bap.

Penentuan tema dan penyusunan moodboard sudah digarap hampir setahun yang lalu, namun untuk musik, lirik, dan proses rekaman baru mulai dikerjakan sekitar dua bulan terakhir. Instrumen musik dikerjakan oleh Ari Badi dan Ayu Mitha Radila, yang juga merupakan seorang film score maker, sehingga mampu memberikan sentuhan notasi-notasi yang dramatis, membuat lagu ini terdengar lebih segar. Lagu ini direkam di studio milik Pregnant Pause Records, di bawah arahan In Magma sebagai recording engineer dan vocal director.

Another Dog Pack merupakan bentuk penghormatan kepada orang-orang yang hadir di kehidupan Jojo dalam kurun waktu 13 tahun terakhir ini, khususnya bagi orang-orang yang banyak memberikan support dan memperkenalkannya dengan dunia musik. Lagu ini juga dipersembahkan untuk teman-teman seperjuangannya sejak awal, yang menemaninya sedari dulu, ketika belajar menulis lagu hingga mengenal proses rekaman, meskipun dengan dana dan peralatan yang seadanya.

Jojo menambahkan bahwa Another Dog Pack adalah kawanan yang ia temui di luar rumah, selain ia juga mempunyai kawanan sendiri di dalam rumah, yaitu keluarga sedarah. Lagu ini dipersembahkan untuk kawanan di luar rumah yang menjadi keluarga kedua dan pendidik saat berada di luar rumah. Sepenggal lirik yang mencoba dikutip Jojo adalah seperti ini:

“Di tiap hariku kalian kutemukan. Berikan aku hangat di dalam pelukan. Ikat aku di kawanan, beribu harapan kuharapkan.”

Lewat single ini, Jojo berharap semakin memiliki hubungan baik dan hangat kepada orang-orang yang telah memberikannya support sekecil apapun bentuknya. Selain itu, ia juga berharap lagu ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk tidak pernah melupakan tempat di mana kita berasal, dan tidak melupakan orang-orang yang menemani kita berjuang dari awal hingga sekarang.